Minggu, 06 Januari 2019

safety

Perlindungan Tangan dan Kaki
-        Pakailah sarung tangan kulit, pada pekerjaan plat-plat besi, benda-benda tuang yang berat dan kasar, barang keramik yang belum dingin. Pada waktu memindahkan batu bata dapat juga melindungi telapak tangan.
-        Pakailah sarung tangan yang kedap air, jika harus bekerja terus menerus memegang alat-alat yang basah.
-        Pakailah sepatu keselamatan dari kulit/asbes yang dipadatkan apabila bekerja di bengkel tuang.
-        Pakailah sepatu yang sol nya masih baik dan tumitnya tidak terlalu aus untuk menghindari kemungkinan terpeleset/jatuh, terutama di tempat kerja yang ada genangan air / oli.
-        Pakailah sepatu keselamatan yang ujungnya dilengkapi dengan besi baja untuk melindungi jari kaki terhadap luka yang disebabkan jatuhnya benda-benda atau peralatan yang keras.
Perlindungan Mata
-        Alat pelindung mata diperlukan untuk pekerjaan dengan mesin guna mencegah bahaya semburan kotoran yang terlepas dari pekerjaan tersebut, seperti: debu, cairan logam, zat cair, dsb.
-        Alat pelindung mata terhadap sinar, cahaya yang menyilaukan dan sinar panas.
-        Alat pelindung mata terhadap pengaruh kimia, gas, uap, dsb.
Perlindungan Hidung dan Mulut
-        Penahan debu akan memberikan perlindungan pernapasan dari debu atau partikel lain yang tercampur dalam udara.
-        Saringan catridge digunakan bila jalannya pernapasan mendapat pengotoran dari embun cairan yang beracun yang berukuran kira-kira 0,5 mikron.
Saringan catridge diberi tanda oleh pabrik pembuatnya yang menerangkan kegunaannya, bila pernapasan mulai terasa sangat sesak, segera saringan diganti.

Peralatan dan Perlengkapan K3 dipilih sesuai persyaratan budaya Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja, diperiksa kelayakannya dan setiap kerusakan harus dilaporkan.

Peringatan Pengaman dan Tanda Bahaya
Alat-alat peringatan pengaman dan tanda bahaya yang sesuai harus ditempatkan di lokasi kerja.
Alat-alat tersebut dapat berupa:
-        Fire Alarm, berbentuk bundar atau persegi empat berwarna merah dan memakai kaca disertai alat pemukul. Pada alat itu bertuliskan “IN CASE OF FIRE BREAK GLASS”.
-        Fire Lock (Safety-Security), berupa papan dari plat baja, pada alat ini dapat terlihat tanda-tanda warna yang disesuaikan dengan bangunan-bangunan bengkel, bila terjadi kebakaran di salah satu bengkel maka menyalalah indikator warna dari bengkel tersebut.
Pemasangan papan tanda warna (Fire Lock) ini biasanya berdekatan dengan Fire Alarm.
-        Lonceng Besi, dibuat dari potongan besi yang digantungkan, akan dipukul dua kali berulang-ulang bila terjadi suatu kejadian bahaya.
-        Lisan atau Suara, dilakukan oleh petugas-petugas keamanan berteriak memberitahukan adanya bahaya kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Jelaskan perbedaan transparant proxy dan non transparant proxy ? jawaban; Transparent proxy  adalah   sebuah metode dimana client ya...